Senin, 05 Maret 2018

STRUKTUR DATA TUGAS 2 - KONSEP STRUKTUR DATA


  1.  PENJELASAN PROGRAM YANG BAGUS


  1. High Performance Software yang di buat mempunyai performance yang tinggi,walaupun digunakan oleh beberapa user
  2. Mudah digunakan Software yang dibuat mempunyai sifat “Easy to Use” yakni mudah digunakan, sehingga tidak membutuhkan proses yang lama untuk seorang user dalam mempelajarinya
  3. Penampilan yang baik Software yang dibuat harus memiliki Antar Muka/Interface yang menarik,sehigga user tidak merasa jenuh
  4. Reability Kehandalan sejauh mana suatu software dapat diharapkan untuk melakukan fungsinya sesuai dengan ketelitian yang diperlukan
  5. Mampu beradaptasi Sejauh mana software yang dibuat mampu beradaptasi dengan perubahan –perubahan teknologi yang ada
  6. Interopability Software yang dibuat haruslah mampu berinteraksi dengan aplikasi yang lain. Biasanya dapat dilihat dari adanya fasilitas Export/ Import data dari aplikasi yang lain
  7. Mobility Software yang dibuat dapat berjalan pada bermacam-macam Sistem Operasi
2. JENIS JENIS STRUKTUR DATA

       1. Struktur Data Sederhana

a. Array (Larik).
adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen bertipe sama.  Setiap elemen diakses secara langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keterurutan, misalnya: integer atau karakter. Banyaknya elemen larik harus sudah diketahui sebelum program dieksekusi. Tipe elemen larik dapat berupa tipe sederhana, tipe terstruktur atau tipe larik lain. Nama lain dari Array adalah Larik, tabel, atau vektor.

b. Record (catatan)
adalah kumpulan data yang terdiri dari beberapa field(isian) dengan berbagai macam tipe data.

2. Struktur Data Majemuk

a. Linier.

Stack(tumpukan)
adalah list linier yang dikenali berupa elemen puncaknya(top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan "diatas"(top) dan penghapusan selalu dilakukan pada "top").
Karena aturan penyisipan dan penghapusan semacam itu, "top" adalah satu- satunya alamat tempat terjadinya operasi. Elemen yang paling akhir ditambahkan akan menjadi elemen yang akan dihapus. Dapat dikatakan elemen stack akan tersusun secara LIFO(last in first out).

Queue(antrian)
adalah list linier yang dikenali berupa elemen pertama(head) dan elemen terakhir(tail), dimana aturan penyisipan dan penghapusan elemennya didefinisikan sebagai penyisipan selalu dilakukan setelah elemen terakhir, penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama dengan kondisi satu elemen dengan elemen lainnya dapat diakses melalui informasi "next".

List dan Multi-List(Daftar)
adalah sekumpulan list linier yang dengan elemen yang bertype sama, yang memiliki keterurutan tertentu, yang setiap elemennya terdiri dari 2 bagian

b. Non-Linier.

Binary-Tree(Pohon biner)
adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari sebuah simpul yang disebut sebagai akar dan dua buah himpunan lain yang disjoint yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub-pohon kiri(left) dan sub-pohon kanan(right) dari pohon biner tersebut.
Pohon biner merupakan type yang sangat penting dari struktur data dan banyak dijumpai dalam berbagai terapan. Karakteristik yang dimiliki oleh pohon biner adalah bahwa setiap simpul yang paling banyak hanya memiliki dua buah anak, dan mungkin tidak punya anak.

Istilah- istilah yang digunakan sama dengan istilah pada pohon secara umum.

Graph(graf)
merupakan struktur data yang paling umum. Jika struktur linier memungkinkan pendefinisian keterhubungan sekuensial antar entitas data, struktur data tree memungkinkan pendefinisian keterhubungan hirarkis, maka struktur graph memungkinkan pendefinisian keterhubungan tak terbatas antara entitas data.
Banyak entitas- entitas data dalam masalah- masalah nyata secara alamiah memiliki keterhubungan langsung(adjacency) secara tak terbatas.

Aplikasi yang menggunakan struktur data untuk pengembangannya. 

 aplikasi perangkat lunak yang menggunakan struktur data sebagai dasar pengembangnannya diantaranya dalah game dan aplikasi aplikasi yang digunakan untuk membantu suatu kegiatan bisnis seperti aplikasi mesin kasir yang biasanya berada di toko toko. Aplikasi web yang digunkaan untuk mengurutkan abjad dalam suatu pencarian kata ataupun keyword. 

4. Algoritma yang menganalogikan abstraksi perangkat elektronik

ALGORITMA MENGGUNAKAN HANDPHONE UNTUK MENGIRIM SMS
1.       Nyalakan Handphone terlebih dahulu
2.       Buka icon pesan yang ada pada handphone
3.       Dalam menu pesan tersebut terdapat banyak menu juga diantaranya
·         Kirim pesan
·         Buka pesan
·         Kirim mms
·         Pesan tersimpan
·         Template
4.         Karena kita akan mengirim SMS maka kita pilih krim pesan
5.        Akan muncul tampilan baru untuk menuliskan pesan yang akan dikirim dan menuliskan kontak yang akan dikirimi pesan
6.         Setelah menuliskan pesan lalu tuliskan nomor tujuan, jika nomor sudah ada pilih cari kontak.
7.        Lalu setelah nomor di tulis atau ditemukan maka tinggal kita kirim.

5.  PENDEKATAN ALGORITMA

TOP-DOWN
Pendekatan Secara Top-Down dimulai dengan cara membagi algoritma yang kompleks menjadi satu atau lebih dari satu modul. Modul yang terbagi ini masih bisa diuraikan lagi menjadi beberapa sub-modul dan proses ini dilakukan berulang ulang hingga kompleksitas modul yang diinginkan terpenuhi. Metode perancangan top-down merupakan bentuk perbaikan secara bertahap yang dimulai dengan modul paling atas kemudian secarabertahap menambah modul lain yang dipanggil. Oleh karena itu, pendekatan top-down dimulai dari desain abstrak, dan desain ini disempurnakan menjadi tingkat lebih konkret pada setiap langkah hingga tercapai suatu level yang tidak mermerlukan perbaikan lebih lanjut.

BOTTOM-UP
Pendekatan secara Bottom-up merupakan kebalikan dari pendekatan top-down. Dimana dalam pendekatan ini dimulai dengan pembuatan modul paling dasar, kemudian dilanjutkan ke perancangan modul tingkat yang lebih tinggi. Modul yang memiliki tingkat lebih tinggi diimplementasikan menggunakan operasi yang dilakukakan oleh modul tingkat lebih rendah. Dengan demikian, sub modul pada pendekatan ini dikelompokkan secara bersama untuk membentuk tingkat modul yang lebih tinggi.

6. ALGORITMA PROGRAM KALKULATOR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN




Sumber :


1. http://elniyuliani9.blogspot.co.id/2016/04/pengertian-dan-jenis-struktur-data.html?m=1

2. http://s1tik.blogspot.com/2015/07/jenis-struktur-data.html/m=1

3. http://learning.fr-system.web.id/matematik/artikel/sdper1jnsstrukutrdata

4. http://lutfianaridahani.blogspot.co.id/2017/02/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

5. Buku algoritma dan struktur data dengan bahasa c/c++

Tidak ada komentar:

Posting Komentar